Jumat, 03 Agustus 2012

Abstraksi Skripsi ku



MUHAMMAD JAMAALUDDIN. Strategi Pembelajaran PAI di Sekolah Alam (Studi Kasus di SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta). Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2011.
            Latar belakang dari penelitian ini adalah bahwa PAI seharusnya mampu membekali siswa dengan akhlak dan kapasitas yang baik, pada kenyataannya belum bisa berfungsi dengan baik. Upaya SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta; memperbaiki strategi pembelajaran PAI. Permasalahan: bagaimana konsep strategi pembelajaran PAI, bagaimana penerapan strategi pembelajaran PAI, dan apa saja faktor pendukung pelaksanaan strategi pembelajaran PAI di SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta.
            Pengumpulan data pada penelitian kualitatif ini digunakan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian: (1) Konsep strategi pembelajaran PAI menggunaan pendekatan dan metode pembelajaran tertentu, (2) Pelaksanaan strategi pembelajaran PAI: a) Pendekatan pengalaman, pembiasaan, emosional, rasional, dan fungsional, b) Metode indoor dan outdoor yang meliputi ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan dan resitasi, demonstrasi, simulasi, latihan/drill, ekspositori, CTL, karya wisata, dan kerja kelompok. Faktor pendukung: 1) upaya pencapaian kompetensi (kognitif, afektif, psikomotor), 2) pelibatan orang tua murid, 3) konsep terpadu dengan semua mata pelajaran, 4) integrasi nilai-nilai islami pada semua program, 5) peraturan dan budaya yang dibangun, 5) reward dan punishment, 6) konsep kealaman.    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar