MUHAMMAD
JAMAALUDDIN. Strategi Pembelajaran PAI di Sekolah Alam (Studi Kasus di SDIT
Alam Nurul Islam Yogyakarta). Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Tarbiyah dan
Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2011.
Latar
belakang dari penelitian ini adalah bahwa PAI seharusnya mampu membekali siswa dengan akhlak dan kapasitas yang baik, pada kenyataannya belum
bisa berfungsi dengan baik. Upaya
SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta; memperbaiki
strategi pembelajaran PAI. Permasalahan:
bagaimana konsep strategi pembelajaran PAI, bagaimana penerapan strategi
pembelajaran PAI, dan apa saja faktor pendukung pelaksanaan strategi
pembelajaran PAI di SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta.
Pengumpulan
data pada penelitian kualitatif ini digunakan
dengan observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Hasil penelitian:
(1) Konsep strategi pembelajaran PAI menggunaan pendekatan dan metode pembelajaran tertentu, (2) Pelaksanaan strategi
pembelajaran PAI: a)
Pendekatan pengalaman, pembiasaan, emosional, rasional, dan fungsional, b)
Metode indoor dan outdoor yang
meliputi ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan dan resitasi, demonstrasi,
simulasi, latihan/drill, ekspositori, CTL, karya wisata, dan kerja kelompok. Faktor pendukung: 1) upaya pencapaian kompetensi (kognitif, afektif, psikomotor), 2) pelibatan
orang tua murid, 3) konsep terpadu dengan semua mata pelajaran, 4) integrasi nilai-nilai
islami pada semua program, 5) peraturan dan budaya yang dibangun, 5) reward dan punishment, 6) konsep kealaman.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar